Seputar Sukamandijaya Ciasem Subang

subang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perubahan tertunda ditampilkan di halaman iniBelum Diperiksa

Koordinat: 6°20′23″LU 107°39′22″BT
Sukamandijaya
Desa
Negara Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Subang
Kecamatan Ciasem
Luas 19.52km²
Jumlah penduduk 23.570 jiwa (2010)
Kepadatan 1.207 jiwa/km²

Sukamandijaya adalah desa di kecamatan Ciasem, Subang, Jawa Barat. Desa Sukamandijaya merupakan desa dengan wilayah terluas di kecamatan ciasem.

Daftar isi

1 sejarah singkat
2 Pemerintahan
3 Dusun
4 Pendidikan
5 Pranala Luar

sejarah singkat

berada di daerah strategis yang dilintasi jalur pantura membuat desa Sukamandijaya menjadi "pusat pemerintahan" dari kecamatan ciasem , terdapat beberapa kantor pelayanan masyarakat, pasar tradisional, dan berbagai ritel mini market selain pemukiman penduduk dan lahan persawahan yang merupakan milik penduduk dan sebagian besar merupakan lahan garapan Pt. Sang Hyang Seri, sebuah Badan Usaha Milik Negara(BUMN) yang mempunyai bisnis inti perbenihan pertanian . Pt. Sang Hyang Seri (persero) disingkat Pt. SHS, sejak tahun 1940 adalah perkebunan besar milik swasta asing (Inggris) dengan nama Pamanoekan & TJiasemlanden yang dengan adanya nasionalisasi pada tahun 1957 perusahaan ini dikelola oleh Yayasan Pembangunan Djawa Barat (YPDB). Tahun 1966 YPDB berubah bentuk menjadi Proyek Produksi Pangan Sukamandi Jaya bersamaan dengan di bentuknya Proyek penelitian dan Mekanisasi serta Proyek Perhewani. Ketiga proyek ini dilebur pada tahun 1968 menjadi Lembaga Sang Hyang Seri. Tiga tahun kemudian tepatnya tahun 1971 Lembaga Sang Hyang Seri menjadi perusahaan umum (Perum) . Dan pada tahun 1995 status Perum berubah menjadi persero.
Pemerintahan

Pada tahun 2012, Desa sukamandijaya menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) yang dapat dikatakan merupakan pilkades terbesar se kabupaten Subang karena memiliki jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 17.366 orang. Dengan Ading Suryana sebagai Kades terpilih (2012-2018) menggantikan H. Ugih S (2006-2012)
Dusun

Desa Sukamandijaya terdiri dari beberapa dusun yang antara lain Dusun : Ampera, Jurutilu, Karanganyar Barat, Karanganyar Timur, Kaliaren, Margasari, Margaluyu Timur, Pintu, Rawasari, Wesel, Komplek SHS, Komplek BB PADI.
Pendidikan

Dari dunia Pendidikan, di Sukamandijaya sudah cukup baik, banyak terdapat beberapa SD, SMP/Sederajat, SMA/Sederajat,serta Perguruan tinggi, Negeri maupun swasta yang mampu mengakomodir siswa/siswi Sukamandijaya dan beberapa desa sekitar.

Sekolah/Perguruan tinggi yang terletak di Sukamandijaya :

POLITEKNIK Argo Industri SHS
SMA NEGERI 1 Ciasem
SMA Muhammadiyah
SMK Sukamandi
SMK An-Nahla
SMP NEGERI 1 Ciasem
SMP NEGERI 2 Ciasem
MTs PUI Al-Jihad
SDN 1,2,3 Sukamandi
Dll .

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts